Sunday, October 5, 2014

Cosmos Browser : Browsing Tanpa Koneksi Internet

Posted By: Unknown - 5:36 AM

Share

& Comment

Kita pasti sering melakukan aktivitas browsing atau berseluncur didunia maya, Bahkan pada saat anda membaca berita ini anda juga sedang melakukannya dan sudah pasti anda menggunakan browser kesayangan anda dengan  koneksi internet baik dengan paket data maupun melalui akses wifi.

Tahukah anda jika ada sebuah browser yang bisa browsing tanpa menggunakan akses internet? mungkin anda masih ragu jika ada browser yang bisa melakukan hal tersebut. Cosmos Browser bisa menghilangkan keraguan anda tersebut .

Cosmos adalah aplikasi browser Android yang bisa melakukan browsing didunia maya tanpa harus menggunakan koneksi internet. Cosmos browser merupakan hasil karya dari 4 orang hacker pada acara MHacks, sebuah kompetisi pemrograman bagi pelajar di Amerika Serikat yang diikuti oleh pelajar dari seluruh dunia.

Cara kerja cosmos browser sendiri dalam melakukan aktvitas browsing ialah dengan cara mengganti lintas data dengan SMS. Jadi ketika kita melakukan browsing dan mengetikkan alamat url sebuah situs pada address bar cosmos browser, lalu browser mengirimkan alamat ini ke server Cosmos melalui SMS, selanjutnya Cosmos mengakses alamat URL yang diminta dan menghilangkan bagian-bagian yang berat seperti image, CSS dan Javascript sehingga Server Cosmos menghasilkan kode HTML yang sederhana yang sudah dikompresi dan mengirimkan balik ke browser melalui SMS. Di Browser Cosmos menghasilkan tampilan web dengan kode HTML yang sederhana yang sudah dikompresi.

Berikut contoh tampilan pada Cosmos browser :


Mungkin bagi anda Cosmos browser kurang maksimal karena hanya menampilkan tampilan yang sangat sederhana dikarenakan oleh kode-kode html yang sudah dikompres. Tapi Cosmos browser ini sangat berguna bagi anda yang mungkin sedang berada ditempat yang tidak ada akses dan Koneksi Internet.

Sayangnya aplikasi Cosmos sedang ditarik dari Play Store karena mengalami masalah dana dan mereka sedang berusaha mencari dana tambahan untuk membiayai berbagai biaya operasional yang semakin membengkak dikarenakan popularitas browser ini.

Jika anda ingin menyumbang bisa mengunjungi alamat berikut: 

Jika ingin melihat source code Cosmos browser: https://github.com/ColdSauce/CosmosBrowserAndroid

Atau Anda dapat mengunjungi situs web mereka di : http://cosmosbrowser.org


 

About Googlekan

Googlekan adalah sebuah media yang memberikan Informasi yang sedang berkembang dari dunia dan dalam negeri, serta juga Informasi seputar perkembangan Teknologi dan gadget terbaru Untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi para pembaca setia Googlekan.

0 komentar:

Post a Comment

BERITA LAINNYA

Copyright © 2015 googlekan™ is a registered trademark.

Designed by Googlekan. Hosted on Blogger Platform.